Saat ini teknologi sebagai produk Kekayaan Intelektual telah menjadi salah satu komoditi yang paling strategis dalam perdagangan internasional. Kekayaan intelektual memainkan peranan yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini karena hampir semua kebutuhan manusia dalam abad modern ini berasal dari produk-produk yang lahir dari kemampuan intelektual manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Berbagai bukti dari negara maju telah menunjukkan bahwa kemampuan intelektual lebih dominan dalam memacu kesejahteraan masyarakat dibandingkan dengan keberadaan sumber daya alam.Perguruan Tinggi merupakan institusi yang menjadi basis aktivitas intelektual oleh karena itu pengelolaan kekayaan intelektual merupakan kebutuhan esensial yang harus dipenuhi.
Untuk menjawab paradigma diatas AKAFARMA PIM sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di kota Malang memiliki kontribusi besar untuk melakukan pembentukan sentra HKI. Keunggulan kompetitif AKAFARMA PIM adalah keunggulan di bidang analisa farmasi dan makanan yang difokuskan di bidang “Farmasi bahan alam dan pangan fungsional”. Untuk mengembangkan potensi masyarakat Indonesia di bidang kimia dan farmasi, AKAFARMA PIM mengambil peran yang cukup signifikan dalam mengembangkan kimia bahan alam.
Untuk menunjang program AKAFARMA dalam Hal HAK Cipta dan HAK Paten maka bertempat diruang Flavonoid kampus yang bertagline “ Touch Your Future “ ini menggelar Workshop Pengenalan Manajemen KI dan Sentra KI yang dihadiri oleh Seluruh dosen akafarma, dosen akfar dan guru smk pim serta mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dikti 2019.
“ Banyak hal disekitar kita yang dapat didaftarkan menjadi hak cipta dan hak paten, namun kita kurang jeli dan tidak sadar akan hal itu” ujar Dr. Dimas Indra Laksmana, ST,MT sebagai narasumber dalam kegiatan workshop. Lebih lanjut Pria yang modis ii menambahkan bahwa potensi akafarma untuk mendaftarkan Hak Paten dan Hak Cipta sangat besar karena banyaknya penelitihan yang dilakukan Mahasiswa maupun Dosen di Kampus PIM.
Dengan diadakannya workshop di AKAFARMA diharapkan Dosen dan Mahasiswa bisa mendapat informasi tambahan tentang Kekayaan Intelektual yang telah dihasilkan oleh Dosen dan Karyawan, sehingga karya intelektual mereka terdaftar sebagai Hak Cipta maupun Hak Paten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *